ADMINISTRASI UMUM_MEMAHAMI ADMINISTRASI (1)
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh...
Alhamdulillah, tentunya syukur kepada Allah senantiasa kita panjatkan, karena kita sampai saat ini senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan, sehingga kita masih dapat senantiasa mengikuti kegiatan pembelajaran meskipun dengan cara Daring (Dalam jaringan).
Pesan bu Ratna, tetap jaga kesehatan, disiplin protokol kesehatan; pakai masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan.
Baik, untuk saat ini bu ratna akan mengawali kegiatan pembelajaran pertama dengan materi yang pertama yaitu MEMAHAMI ADMINISTRASI.
Sebagai siswa jurusan OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran), tentunya kalian harus faham apa itu Administrasi??? dan seperti apa sih administrasi itu????
Baik, untuk itu simak materi berikut:
B. Unsur-Unsur Administrasi
Demikan materi pertama dari pengertian administrasi dan unsur-unsur administrasi, selamat Belajar!
Alhamdulillah, tentunya syukur kepada Allah senantiasa kita panjatkan, karena kita sampai saat ini senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan, sehingga kita masih dapat senantiasa mengikuti kegiatan pembelajaran meskipun dengan cara Daring (Dalam jaringan).
Pesan bu Ratna, tetap jaga kesehatan, disiplin protokol kesehatan; pakai masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan.
Baik, untuk saat ini bu ratna akan mengawali kegiatan pembelajaran pertama dengan materi yang pertama yaitu MEMAHAMI ADMINISTRASI.
Sebagai siswa jurusan OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran), tentunya kalian harus faham apa itu Administrasi??? dan seperti apa sih administrasi itu????
Baik, untuk itu simak materi berikut:
BAB I
A.
Pengertian
Administrasi
Administrasi itu sendiri berasal dari bahasa
Latin yang terdiri atas kata Ad yang bermakna penekanan secara intensif,
dan ministrare yang berarti melayani, membantu, atau memenuhi. Jadi Istilah ini merujuk
pada suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau
mengatur semua kegiatan yang seharusnya dilakukan secara intensif
Pengertian
Administrasi dalam bahasa Indonesia ada 2 (dua) :
Dalam arti sempit, berasal dari bahasa Belanda : "Administratie",
yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik,
menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (
FX.Soedjadi, 1989).
Dalam
arti luas, berasal dari bahasa Inggris "Administration",
yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas
tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan ( S.P. Siagian,
1973)
Berikut
beberapa pengertian administrasi menurut para ahli :
·
Proses
yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok, pemerintah atau swasta,
sipil atau militer, besar atau kecil (White, 1958).
·
Kegiatan
kelompok yang mengadakan kerjasama guna menyelesaikan tugas bersama (Simon,
1958).
·
Bimbingan,
kepemimpinan dan pengawasan usaha kelompok individu guna mencapai tujuan
bersama (Newman, 1963).
·
Dalam
pengertian yang luas menurut Musanef (1996:1) dalam bukunya Manajemen
Kepegawaian di Indonesia menyebutkan bahwa administrasi adalah kegiatan
sekelompok manusia melalui tahapan-tahapan yang teratur dan dipimpin secara
efektif dan efisien, dengan menggunakan sarana yang dibutuhkan untuk mencapai
tujuan yang diinginkan.
Dalam
implementasinya, administasi berkembang dan mempunyai tugas-tugas yang biasa
disebut sebagai fungsi administrasi, sebagaimana yang dikemukakan oleh para
ahli seperti Henry Fayrol, Harold Koontz, George R. Terry dan lain-lain,
diantaranya adalah fungsi perencanaan, pengorganisasian sampai dengan fungsi
pengawasan.
Salah
satu bentuk rumusan pengertian secara
luas yang sederhana antara lain menyebutkan : bahwa administrasi adalah
keseluruhan proses rangkaian pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang
atau lebih yang terlibat dalam suatu bentuk usaha bersama demi tercapainya
tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Meskipun
rumusannya sederhana, pengertiannya tetap mempunyai cakupan yang luas, yaitu
seluruh proses kegiatan yang berencana dan melibatkan seluruh anggota kelompok.
Sedangkan
dalam pengertian sempit, sebagai
yang dikemukakan oleh Soewarno Handayaningrat (1996:2), dalam bukunya
"Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen" , istilah ini
mengandung maksud suatu kegiatan yang
meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda
dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
Berdasarkan
beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa administrasi ialah proses
penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
Baik
dalam pengertian luas maupun sempit, didalam penyelenggaraannya diwujudkan
melalui fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.
Jadi
dapat diambil benang merah, bahwa administrasi
adalah penyelenggaraannya, dan manajemen
adalah orang-orang yang menyelenggarakan kerja. Maka kombinasi dari
keduanya adalah penyelenggaraan kerja yang dilakukan oleh orang-orang secara
bersama-sama (kerjasama) untuk mencapai tujuan yang yang telah ditetapkan.
Gambar 1.1 Contoh aktivitas di bidang Administrasi
Gambar 1.2 Contoh aktivitas pelayanan
Unsur-unsur administrasi tentu
diperlukan dalam memahami lebih dalam mengenai arti dan peran dari administrasi
itu sendiri. Pada dasarnya di dalam unsur administrasi ada beberapa hal yang
secara mutlak harus ada. Seperti misalnya sekelompok
manusia dan adanya kerja sama serta adanya tujuan tertentu dari
administrasi tersebut. Suatu administrasi pada dasarnya memang diadakan untuk
membantu suatu perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu. terlebih lagi jika
Anda memiliki kantor atau perusahaan maka sudah seharusnya administrasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Adaministrasi
perlu dilakukan untuk mempermudah pengawasan dan evaluasi kinerja sehingga
tujuan dari perusahaan bisa tercapai dengan optimal.
Unsur administrasi tersebut ada 8:
1. Organisasi
Salah satu
unsur-unsur administrasi yaitu organisasi yang merupakan sekumpulan beberapa
orang untuk saling bekerja sama dengan memanfaatkan sumber daya yang telah ada.
Di dalam
organisasi ini terdapat berbagai kegiatan yang saling berhubungan dengan adanya
pengaturan dan penyusunan serta pembagian tugas dari suatu usaha kerja sama
untuk mencapai tujuan tertentu. Tentunya di dalam melaksanakan tugas
administrasi terdapat organisasi di dalamnya.
Dengan kata lain
organisasi merupakan sekumpulan dari para pelaksana administrasi yang di
dalamnya terdapat beberapa orang untuk saling membantu melaksanakan tugas
administrasi.
2. Manajemen
Manajemen pada
dasarnya memiliki arti sebagai proses pengaturan terhadap sesuatu yang
dilakukan oleh sebuah organisasi atau sekelompok orang. Kegiatan manajemen ini
tentu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam suatu administrasi
sudah tentu di dalamnya terdapat suatu proses manajemen yang dilakukan oleh
beberapa orang agar proses administrasi bisa berjalan secara efektif. Kegiatan
manajemen itu sendiri diharapkan agar dapat mendorong setiap orang untuk
bekerja sama mencapai tujuan bersama. Kegiatan manajemen juga berkaitan dengan
adanya dorongan bagi semua orang untuk menggunakan semua fasilitas yang ada
dengan sebaik-baiknya agar tujuan dapat tercapai.
3. Komunikasi
Suatu administrasi
akan berjalan dengan baik dan lancar jika didalamnya terdapat komunikasi yang
baik antara beberapa orang yang terlibat pada kegiatan administrasi tersebut.
Komunikasi memiliki arti sebagai suatu kegiatan penyampaian informasi kepada pihak
lainnya. Penyampaian informasi yang dimaksud dalam hal ini antara lain berupa
ide atau gagasan dan segala pesan yang ingin disampaikan dari satu pihak kepada
pihak yang lainnya. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya
saja melalui bahasa lisanatau verbal dan juga melalui tulisan. Komunikasi juga
dapat dilakukan degan menggunakan bahasa tubuh.
4. Kepegawaian
Suatu kegiatan
administrasi sudah tentu melibatkan peran dari para pegawai. Para pegawai
inilah yang akan melakukan seluruh tugas administrasi sehingga pencapaian
tujuan perusahaan bisa tercapai. Kepegawaian memegang peranan penting pada suatu perusahaan. Pegawai atau tenaga kerja tentu terlibat ke dalam suatu
organisasi untukselanjutnya secara bersama-sama melakukan tugas administrasi
demi kemajuan perusahaan. Proses kepegawaian dalam suatu organisasi umumnya
dimulai dari tahap penerimaan dan pengangkatan serta penempatan. Selanjutnya
para pegawai akan menerima bimbingan dan pengarahan. Pada akhirnya pegawai akan
mengalami proses pemberhentian atau mungkin pensiun.
5. Keuangan
Keuangan juga menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan
dalam unsur-unsur administrasi. Dalam hal ini segala sesuatu yang berhubungan
dengan pembiayaan di dalam hubungan kerja sama berarti menjadibagian dari
keuangan. Ada beberapa aktivitas yang menjadi bagian dari keuangan seperti
misalnya prosesperolehan biaya dan pengelolaan biaya. Termasuk pula di dalamnya
pertanggungjawaban biaya serta penentuan berbagai sumber biaya danlain
sebagainya. Tentunya setiap kegiatan yang berhubungan dnegan pembiayaan dan
keuangan tersebut berkaitan dengan tugas administrasi.
6. Perbekalan
Yang dimaksud
dengan kegiatan perbekalan disini adalah kegiatan yang berhubungan dengan
segala perlengkapan dan peralatan yang diperlukan oleh suatu organisasi.
Misalnya saja seperti kegiatan pengadaan barang dan penyimpanan barang serta
pemusnahan berbagai barang yang sekiranya tidak dibutuhkan. Perbekalan turut
menjadi suatu hal yang penting baik dalam kegiatan administrasi dan dalam
organisasi. Kegiatan perbekalan sendiri membutuhkan adanya administrasiyang
baik agar segala kegiatan yang berhubungan dengan barang bisa dilakukan dengan
langkah yang tepat. Organisasi yang melakukan kegiatan administrasi sudah tentu
diharuskan memahami alur penyediaan barang mulai dari penyediaannya hingga
pemusnahannya dengan benar.
7. Tata Usaha
Seringkali
kegiatan unsur-unsur administrasi dikaitkan dengan kegiatan tata usaha. Bahkan
kegiatanadministrasi seringkali disamakan dengan kegiatan tata usaha walaupun
sebenarnya ada perbedaan di antara kedua istilah tersebut. Pengertian tata
usaha dalam suatu administrasi yaitu kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan
atas suatu penyelenggaraan usaha. Kegiatan tata usaha ini antara lain meliputi
kegiatan pencatatan dan penyimpanan serta pengiriman.Tidak hanya itu saja
tetapi masih banyak kegiatan lainnya yang menjadi bagian dari tata usaha.
Kegiatan tata usaha umumnya disebut pula dengan istilah office work yang
biasanya dilakukan di dalam kantor. beberapa orang juga menyebutnya dengan
istilah back office yang berkaitan dengan seluruh kegiatan administrasi di
dalam kantor atau perusahaan.
Gambar 1.4 Tata Usaha
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPutri Agustina /19
BalasHapusfiola melanie/14
BalasHapusNama: Nisa Billa Yuliana
BalasHapusKelas:X OTKP 1
No: 14
Nama:Putri Lestari
BalasHapusKelas:X OTKP 1
No:16
Nama:Pramesnia Ardhana
BalasHapusNo.absen:15
Kelas:X OTKP1
Nama : Afifah Adilia Putri
BalasHapusNo absen : 2
Kelas :OTKP 1
Nama:Vitri Solekah
BalasHapusNo.:23
Kelas:X OTKP1
Nama:Melina Puspita Sari
BalasHapusNo:13
Kelas: X Otkp1
Nama: Yesa Ilmi Faydyah
BalasHapusNo:24
Kelas:X OTKP1
Nama: Rica Angelina
BalasHapusNo:18
Kelas: X OTKP 1
Nama : Fajriyah maulid r
BalasHapusNo : 09
Kelas : X otkp 1
Nama : fadilla luthfi al harira
BalasHapusNo: 08
Kls : X OTKP 1
Nama : fadilla luthfi al harira
BalasHapusNo: 08
Kls : X OTKP 1
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama. :Kristiana Wahyuningsih
BalasHapusNo. :12
Kelas :X OTKP 1
Nama:dewi kartika sari
BalasHapusKls 10 otkp 2
No 12
Nama:dewi kartika sari
BalasHapusKls: 10 otkp 2
No: 12
Nama:Amanda rossyana
BalasHapusKls:10 otkp 2
No:04
Nama:Kartika Diftia Febriani
BalasHapusKelas: X Otkp 2
No:17
Nama: Sisca cerry Septiyani
BalasHapusNo:21
Kelas: OTKP 1
Nama : Arda Anindya Josevani
BalasHapusNo: 04
Kelas : OTKP 1
Nama : Riska Yuliana
BalasHapusKelas: X Otkp 2
No : 20
Nama: shelvi Argiyan oktania
BalasHapusKelas: X otkp 1
No : 19
Terima kasih anak2 ku.. Semoga kalian bisa memahami materi ini
BalasHapus