MATERI PKK_KELAS XI_PELAYANAN USAHA BISNIS RETAIL

Pelayanan akan berpengaruh dalam dunia bisnis, khususnya reatil. Setiap pelanggan yang datang ke toko, supermarket, mall, atau tempat bisnis retail lainnya pasti akan senang apabila menerima pelayanan yang baik. Dengan pelayanan yang baik, membuat pelanggan yang loyal akan memberikan rekomendasi pada orang lain, sehingga akan menambah lagi pelanggan-pelanggan baru. Pada materi ini Anda akan mempelajari kateri mengenai pelayanan usaha dalam bidang bisnis retail. Untuk lebih jelasnya, simaklah materi berikut!

A. Sistem Layanan Usaha Bisnis Retail

Bisnis retail merupakan salah satu bisnis yang dilakukan oleh produsen sehingga dengan memasarkan barang secara eceran maupun langsung kepada para pelanggan. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis ini, seperti keunggulan produk, harga yang bersaing, dan lingkungan eksternal. Oleh karena melibatkan transaksi yang terjadi antara produsen dan konsumen secara langsung, kemampuan pelayanan usaha adalah faktor yang paling krusial dalam penjualan reatil. 

1. Pengertian pelayanan usaha

Dalam hal ini, pelayanan memiliki kaitan erat dengan pemberian kepuasan terhadap pelanggan. Pelayanan dengan mutu yang baik dapat memberikan kepuasan yang baik pula bagi para pelanggannnya. Jadi, pelanggan dapat lebih merasakan perhatian yang diberikan oleh perusahaan.

Secara etimologi, pelayanan adalah suatu usaha melayani kebutuhan orang lain. Melayani merupakan suatu kegiatan yang memiliki sifat tidak berwujud dan ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan yang dilayani. Berikut adalah beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian pelayanan.

a. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pelayanan adalah menolong menyediakan segala yang diperlukan orang lain seperti tamu atau pembeli.

b. Kotler (1994), pelayanan adalah aktivitas atau hasil yang dapat ditawarkan oleh sebuah lembaga kepada pihak lain dan biasanya tidak kasatmata, serta hasilnya tidak dapat dimiliki oleh pihak lain tersebut.

c. Hadipranata (1980), pelayanan adalah aktivitas tambahan di lura tugas pokok (job description) yang diberikan kepada konsumen, pelanggan, nasabah dan sebagainya, serta dirasakan baik sebagai penghargaan maupun penghormatan.






TUGAS:

Simak dengan seksama video di atas, berikan tanggapan Anda tehadap contoh pelayanan tersebut!
Tuliskan pendapat Saudara pada kolom komentar di bawah ini!

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ini opini saya terhadap video tersebut.
    => Pelayanan pada video pertama merupakan pelayanan yang salah, karena saat bekerja karyawan tersebut sibuk memainkan handphone nya atau bermain game, alangkah baiknya Handphone karyawan tersebut diletakkan pada ruangan yang pastinya sudah disediakan khusus untuk para karyawan. Dilain sisi, jika seorang karyawan membawa handphone nya saat bekerja maka tidak menutup kemungkinan bahwa ia akan menggunakannya saat jam kerja. Dan hal tersebut akan membuat pelayanan kepada pembeli menjadi kurang maksimal/tidak fokus juga kurang etis dan sopan,jadi alangkah baiknya karyawan tersebut menggunakan kembali Handphonenya saat jam istirahat atau saat berakhirnya masa jam kerja.
    => Pelayanan yang ke dua merupakan pelayanan yang benar, karena karyawan benar-benar memaksimalkan pelanyanannya kepada pembeli sehingga pembeli merasa puas dan tidak menutup kemungkinan jika pembeli membeli lagi ditempat tersebut karena pelayanannya yang cukup baik dan sopan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bagus argumennya, hanya perlu dikaitkan dengan teori pelayanan

      Hapus
  4. Menurut saya pelayanan dalam usaha bisnis retail,sangat dibutuhkan karena kemampuan pelayanan usaha adalah faktor yang paling krusial dalam penjualan reatil,dalam hal melayani pembeli maupun pelanggan yang harus di prioritaskan atau di utamakan serta menyediakan segala yang diperlukan pembeli, pelanggan,nasabah,dll. Pelayanan dengan mutu yang baik dapat memberikan kepuasan yang baik pula bagi para pelanggannnya, begitu pula sebaliknya,begitulah yang dapat saya ambil dari video pelayanan yang benar dan salah diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, sudah bagus argumennya, sudah mengaitkan dengan teori pelayanan

      Hapus
  5. menurut pendapat saya dari video diatas,
    pelayanan yg pertama adalah pelayanan yang kurang memuaskan dikarenakan pelayan toko/swalayan tersebut mementingkan urusan pribadi daripada urusan pelanggan nya
    dan untuk pelayanan yang kedua menurut saya merupakan pelayanan yang bagus pelayan mementingkan keperluan dari apa yang dicari oleh pelanggan dengan ramah dan sabar

    BalasHapus
  6. menurut pendapat saya dari video diatas,
    pelayanan yg pertama adalah pelayanan yang kurang memuaskan dikarenakan pelayan toko/swalayan tersebut mementingkan urusan pribadi daripada urusan pelanggan nya
    dan untuk pelayanan yang kedua menurut saya merupakan pelayanan yang bagus pelayan mementingkan keperluan dari apa yang dicari oleh pelanggan dengan ramah dan sabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah memberikan argumentasi, hanya lebih baik lagi bila mengaitkan dengan teori pelayanan

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. menurut pendapat saya dari video diatas
    - video pertama ;karyawan melayani dgn tdk maksimal dan kurang memuaskan karena sibuk dgn handponenya,seharusnya karyawan mengutamakan kepuasan pembeli agar calon pembeli juga senang membeli barang di toko tersebut.
    -video kedua :karyawan dgn ramah,sopan dan santunmelayani calon pembeli,karyawan tidak sibuk dgn urusan sendiri.
    jadi,dari video diatas kita dapat mempelajari bagaimana memberi pelayanan yg baik dan benar dgn tidak sibuk dgn urusan sendiri.

    BalasHapus
  9. Vidio pertama menurut saya kurang baik karna seharusnya pembeli itu di layanin dengan baik bukan malah pegawai asik main hp atau malah di suru beli ke toko lain hal tersebut bisa membuat toko tersebut bangkrut.
    Vidio yang ke dua baik untuk di contoh sebagai pegawai harus ramah terhadap pembeli karna jika pembeli itu bisa nyaman terhadap pelayanan kita bisa jadi pembeli itu menjadi langanan dan membuat toko tersebut berkembang

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Menurut saya pelayanan yg pertama itu kurang sopan karena tidak melayani pembeli tetapi malah asik bermain hp dan seperti itu bisa mengurangi pelanggan ditoko dan membuat toko menjadi sepi pembeli,
    Pelayanan yg kedua menurut saya sangat bagus dan sopan karena menghargai pembeli dan menjadikan pembeli merasa nyaman dan pembeli merasa senang menjadi pelanggan

    BalasHapus
  12. Menurut saya pelayanan yang pertama tidak baik, atau sangat salah, kenapa? Karena pelayanan pertama sibuk memainkan handphonenya, sudah jelas ada yang mau beli barang di tokonya, tetapi ia malah seenaknya, sebagai pelayanan yang baik seharusnya handphone saat kerja di taruh, atau tidak memainkan handphone saat kerja, atau memberikan pelayanan.
    Untuk pelayanan kedua itu sudah benar, ia memberikan pelayanan yang baik, dengan menanyakan kebutuhan para pembelinya lalu membantu mencarikannya

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. pelayanan adalah suatu usaha melayani kebutuhan orang lain dan pada video diatas tidak mencerminkan pelayanan yang baik karena saat bekerja karyawan tersebut sibuk memainkan handphone melayani pembeli yang harus di prioritaskan atau di utamakan serta menyediakan segala yang diperlukan pembeli . kepuasan pembeli adalah mutu dalam suatu bidang usaha dan sebaiknya kita melayanni pembeli dengan sebaik baiknya :)

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Menurut pendapat Saya, pada video pertama adalah pelayanan yang tidak tepat karena pada video tersebut menunjukkan beberapa kesalahan dalam melakukan pelayanan, seperti ketika pelanggan terlihat kebingungan seharusnya pelayan bersikap responsif /memberikan pelayanan yang cepat disertai penyampaian informasi yang jelas. Dan ketika sedang melayani sebaiknya hindari memainkan ponsel supaya tidak mengganggu konsentrasi saat memberikan pelayanan . Serta pada saat berbicara dengan pelanggan sebaiknya tangan tidak dilipat di depan dada, hal ini terlihat sangat kurang sopan, karena sopan santun berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, jika pelayan bersikap tidak sopan maka pelanggan menjadi tidak segan dan akhirnya toko menjadi sepi karena pelanggan berpindah ke toko lain.
    Pada video yang kedua menunjukkan pelayanan yang tepat, hal ini terlihat pada saat pelanggan menjatuhkan pakaian, pelayan tersebut responsif untuk segera mengambil alih untuk mengembalikannya. Dan pada saat melayani, pelayan sudah menyampaikan informasi yang jelas dan terlihat bahwa pelanggan tersebut puas terhadap pelayanan yang diberikan.

    BalasHapus
  21. Menurut saya pelayanan yang pertama itu tidak baik karena pelayan sibuk dengan urusan masing" dan tidak menghargai pembeli.

    Pelayanan yang kedua itu sangat baik untuk di terapkan di sekitar kita karena pelayan sangat mengutamakan pembeli dan tidak sibuk dengan urusan masing" .

    BalasHapus
  22. Menurut pendapat saya vidio yg pertama kurang sopan dan tidak baik karena sbg karyawan toko yg baik dan profesional tidak main game seharusnya melayani pembelinya bukan malah sibuk dgan game di hpnya itu tidak cocok untuk dicontoh.

    Menurut saya vidio yg kedua sudah bagus dan sangat baik saat melayani pembeli,maka dri itu akan banyak pembeli yg dtang ke toko tsb karena pelayanan toko yg sopan dan ramah.

    BalasHapus
  23. -menurut saya vidio yang pertama palayanan nya kurang menyenangkan, karena si pelayan sibuk mementingkan smarthpone nya, dan juga bukan merugikan diri tetapi merugikan perusahaan.
    -vidio yang kedua, menurut saya pelayan an nya memuaskan sesuai peraturan perusahaan mereka

    BalasHapus
  24. Menurut pendapat saya dari vidio diatas,
    Pembeli adalah raja, bila ada pembeli alangkah baiknya keperluan pribadi (bermain hp) dikesampingkan dahulu.
    Karena kepuasan pembeli adalah nomer 1, adanya pegawai yaitu untuk memudahkan pembeli untuk mencari apa yang dicari. Jadi kesimpulannya adalah saat bekerja hendaknya kurangilah mengurus hal yg tidak berkaitan dengan pekerjaan. dengan melakukan hal lain saat jam bekerja / bermain hp dapat membuat kefokusan karyawan saat melakukan pekerjaan jadi menurun dan kurang memberikan pelayanan yg maksimal.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Menurut saya sendiri pelayanan dalam bisnis atau usaha merupakan hal sangat penting . Dalam hal melayani pelanggan harus di utamakan serta Pelayanan dengan yang baik sopan tanggung jawab , dan dapat memberikan kepuasan yang baik bagi para pelanggan costumer begitu pula sebaliknya , itulah yang dapat saya ambil dari video pelayanan yang benar dan salah terimakasih .

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Menurut pendapat saya
    Pelayanan yang pertama tidak baik karena pembeli seharusnya dilayani dengan baik dan sopan agar merasa senang atau puas dan ketika sedang ada pelanggan seharusnya tidak sibuk ke hp tetaplah fokus kepada pelanggan karena bisa menyebabkan pelanggan tidak puas ataupun marah.
    Pelayanan yang kedua menurut saya baik/bagus karena pelanggan dilayani dengan sangat sopan dan bisa menjadikan pelanggan merasa puas dan nyaman ketika berbelanja.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Menurut pendapat saya vidio di atas tindakan seperti diatas sangat dibenci para pelanggan enggan datang kembali ke toko tersebut, sebagai pelaku usaha tentunya anda wajib menghargai kedatangan setiap konsumen dan memberi sambutan hangat sebelum akhirnya memenuhi kebutuhan yang mereka cari

    BalasHapus
  32. Sebagai retailer harus mampu menempatkan pelanggan pada posisi pertama, pelanggan adalah aspek yang sangat penting bagi bisnis dan sebagia raja .jika tidak ada pelanggan yang datang dibisnis yang sudah kita bangun dengan susah payah kita bisa bangkrut. Yang kedua Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan,bisnis kita akan ikut mendapatkan keuntungan yang luar biasa.seperti pada vidio tersebut yang satu memang salah karna membiarkan pelayannya( costumer )saat jam kerja bermain HP yang bisa mengganggu pekerjaannya,dan tidak fokus pada pelanggan melaikan HP ,main hp memang diperbolehkan tapi tidak saat jam kerja hanya waktu istirahat ataupun urusan penting saja boleh membuka HP .
    video ke dua itu benar karena video tersebut menggambarkan bahwa pelayan ( costumer ) tersebut niat dalam bekerja,hanya fokus pada pekerjaannya sebagian pelayan ,Karena pelanggan tidak hanya melihat kualitas dari produk yang ditawarkan, namun mereka juga melihat cara pelayan bersikap atau memberikan pelayan kepada mereka, baik atau buruk.

    BalasHapus
  33. pelayanan adalah Seni atau aktivitas yang dapat ditawarkan oleh sebuah lembaga atau perorangan kepada calon atau pelanggan. Dalam contoh di atas pelayanan sangat memerlukan apa yang disebut fokus. Fokus kepada pelanggan. Fokus pada apa yang akan dijual atau dijelaskan kepada pelanggan. Serta fokus pada tujuan akhir yaitu apakah pelanggan puas atau tidak pada pelayanan yang diberikan.
    Pada dua contoh pelayanan di atas, sangat berbeda apa yang diberikan kepada pelanggan. Itulah yang disebut fokus pada pelaanggan. Jelaskan apa yang dibutuhkan pelanggan, jelaskan apa kelebihan produk yang kita tawarkan, closing, dan kepuasan akan dimiliki pelanggan karena memiliki produk yang kita tawarkan

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Menurut pendapat saya video pertama pelayanannya membuat pembeli kesal dan tidak jadi membeli ditoko tersebut karena karyawannya sibuk sendiri dengan handphonenya dengan main game,menerima telepon ataupun berchattingan dengan temannya memegang handphone dengan sanati karena itu tidak boleh dilakukan disebuah perusahaan kalau jam kerja kantor dan kalau bosnya tau akan diberikan peringatan ataupun sanksi yang akan membuat karyawan itu bisa kehilangan pekerjaan.Sedangkan video kedua itu pelayanannya baik dan sopan terhadap pembeli ada pakaian jatuh di dekat diambilin dan bertanya mau cari apa dan mencarikan yang sedang dicari oleh pembeli tersebut.Pembeli senang karena sudah melayani dengan baik.

    BalasHapus
  39. Menurut saya..
    -Video yang pertama : menurut saya pelayanan nya kurang memuaskan,karna karyawan sibuk memainkan handphone atau malah bermain game. Itu bisa menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan perusahaan
    -Video yang kedua : menurut saya pelayanan nya memuaskan,karena karyawan membantu pembeli yang sedang mencari,sesuai dengan aturan perusahaan.

    BalasHapus
  40. Pendapat saya tentang vidio di atas:
    -Vidio yang pertama
    Pelayanan kurang baik karena pembeli dilayani dengan baik ramah dan sopan agar pembeli bisa puas dan senang belanja di toko tersebut dan untuk karyawan yang melayani pembeli seharusnya tidak boleh sibuk dengen hp karena bisa diri sendiri maupun perusahaan
    -Vidio yang kedua
    Pelayanan baik/ bagus pelayan membantu mencarikan barang yang di butuhkan pembeli pelayan yang ada di vidio kedua ramah dan sopan kepada pembeli jika pembeli puas dan senang memberikan nilai + untuk toko atau perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  41. Pendapat saya tentang vidio di atas:
    -Vidio yang pertama
    Pelayanan kurang baik karena pembeli dilayani dengan baik ramah dan sopan agar pembeli bisa puas dan senang belanja di toko tersebut dan untuk karyawan yang melayani pembeli seharusnya tidak boleh sibuk dengen hp karena bisa diri sendiri maupun perusahaan
    -Vidio yang kedua
    Pelayanan baik/ bagus pelayan membantu mencarikan barang yang di butuhkan pembeli pelayan yang ada di vidio kedua ramah dan sopan kepada pembeli jika pembeli puas dan senang memberikan nilai + untuk toko atau perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  42. Pendapat saya tentang vidio di atas:
    -Vidio yang pertama
    Pelayanan kurang baik karena pembeli dilayani dengan baik ramah dan sopan agar pembeli bisa puas dan senang belanja di toko tersebut dan untuk karyawan yang melayani pembeli seharusnya tidak boleh sibuk dengen hp karena bisa diri sendiri maupun perusahaan
    -Vidio yang kedua
    Pelayanan baik/ bagus pelayan membantu mencarikan barang yang di butuhkan pembeli pelayan yang ada di vidio kedua ramah dan sopan kepada pembeli jika pembeli puas dan senang memberikan nilai + untuk toko atau perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  43. Menurut saya
    -video pertama kurang baik karena penjual tersebut tidak ramah dan lebih mementingkan keperluan pribadinya dalam melayani pembelinya,dan sering bermain hp daripada melayani pembeli,sehingga pembeli tidak puas dan kecewa dengan pelayanannya
    -video kedua pelayanannya sangat baik karena lebih mementingkan kepuasan pembelinya,pelayanannya ramah dan cekatan sehingga pembeli merasa puas dan senang dengan pelayanannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer