Jurnal Refleksi Minggu ke 2

Sri Ratnasari Mahmudah

CGP Angkatan 4 Kota Surakarta


1. Kolaborasi Kerangka

Pembelajaran sesuai KHD

  • Pada pekan ini, CGP melakukan aktivitas berkolaborasi dengan sesama CGP dalam kelompok untuk mendiskusikan Kerangka pembelajaran sesuai KHD.
  • Poin utama yang didiskusikan yaitu berkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • Pada kesempatan ini, CGP diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi ke dalam kelompok masing-masing, dalam jangka waktu tertentu. Setelah dirasa waktu telah selesai, masing-masing kelompok mewakilkan salah satu personil untuk menyampaikan refleksi.
  • Pada sesi selanjutnya, tepatnya tanggal 25 Oktober 2021, setiap kelompok diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusi, kemudian diberikan tanggapan positif dan juga pertanyaan dari kelompok lain.

  • Masing-masing kelompok mengutarakan pemikiran KHD berkaitan dengan profil pelajar pancasila dari sudut pandang yang berbeda. 
  • Kelompok kami mengangkat tema pemikiran KHD yaitu asah-asih-asuh. Maksudnya bahwa kita sebagai pendidik (fasilitator), dalam memberikan pendidikan seyogyanya mengimplementasikan filosofi ini, yaitu mengasah kemampuan siswa, memberikan dengan kasih sayang, dan memberikan bimbingan untuk siswa mencapai kemandirian.
  • Guru sebagai fasilitator, bukan merupakan satu-satunya sumber belajar di kelas, melainkan kita sebagai penuntun.


Kompetensi Pelajar Pancasila

Mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak, dalam bentuk gagasan, tindakan, dan karya nyata secara proaktif dan independen untuk menemukan
cara-cara lain dan berbeda untuk bisa berinovasi.

Indikator Ketercapaian

1. memodifikasi karya yang bermakna, bermanfaat, dan berdampak.
2. menghasilkan gagasan yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.
3. menghasilkan karya yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.
4. menghasilkan tindakan yang bermakna, bermanfaat, dan berdampak.









Komentar

Postingan Populer