Pendidikan Keterampilan hidup (PKH)
Apa itu keterampilan Hidup???
Keterampilan hidup menggambarkan kemampuan seseorang dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari, termasuk menjalin hubungan sosial, menyelesaikan masalah, mengelola risiko, membuat keputusan, dan bekerja sama dengan orang lain.
Pendidikan kemprehensif membutuhkan:
- Keterampilan akademik (Academic Skills) sehingga kita dapat memahami konsep-konsep seperti matematika, sains, dan literasi.
- Keterampilan penghidupan (Livelihood skills) sehingga kita dapat menguasai tugas-tugas praktis untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari
- Keterampilan hidup (Life skills) sehingga kita dapat berkomunikasi dengan orang lain, membuat keputusan yang baik, dan mengatasi tantangan hidup. Keterampilan hidup berbeda, tetapi sama pentingnya dengan keterampilan penghidupan dan keterampilan akademik.
Keterampilan penghidupan mengajari kita cara mengerjakan tugas, keterampilan akademik mengajarkan kita cara memahami suatu konsep, tetapi keterampilan hidup adalah yang membuat kita dapat menggunakan keterampilan ini di dunia nyata, yang sering mengharuskan kita untuk bekerja dengan orang lain.
Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa contoh umum keterampilan akademik, keterampilan penghidupan, dan keterampilan hidup:
Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) mendukung remaja untuk
mengembangkan dan menggunakan berbagai keterampilan yang
telah diidentifikasi sebagai hal penting dalam konteks individu mereka. PKH dapat
diimplementasikan dalam program terpisah atau diintegrasikan ke dalam program lain.
Untuk memastikan bahwa PKH relevan dengan kehidupan remaja, PKH diajarkan dalam
konteks permasalahan yang spesifik, serta tantangan khusus yang dihadapi remaja
dalam kehidupan mereka, yang disebut dalam kurikulum ini sebagai ‘pengetahuan
kritis’. Pengetahuan kritis terdiri dari tema-tema penting yang perlu diketahui oleh remaja
agar keamanan dan kesehatan mereka tetap terjaga saat menjalani masa remaja. Dalam
setiap pertemuan, siswa-siswi diajarkan bagaimana mereka dapat menggunakan
keterampilan hidup dan pengetahuan tertentu untuk mengendalikan sebuah situasi atau
memecahkan masalah umum yang mereka
hadapi. Terkadang masalah tersebut bisa
bersifat sensitif, tabu, atau kontroversial untuk dibahas, namun jika kita menghindar
untuk mengajarkannya kepada remaja, ada kemungkinan mereka dapat membuat keputusan
yang buruk yang dapat berdampak negatif bagi diri mereka sendiri dan
keluarga mereka! Perbedaan utama antara PKH dan
Tabel di bawah ini menguraikan perbedaan antara pendekatan ‘tradisional’ untuk mengajar, dan pendekatan partisipatoris yang diperlukan saat mengajar PKH.
Keterampilan hidup apa yang termasuk ke dalam kurikulum PKH?
Kurikulum ini mencakup 13 keterampilan hidup penting, yang berasal dari kerangka keterampilan hidup UKS dan kerangka keterampilan yang dapat digunakan untuk berbagai jalur karir (transferrable skills) UNICEF.
Tabel di bawah ini
menunjukkan 13 keterampilan hidup yang
termasuk dalam kurikulum ini:
Resource : Buku Panduan Kerja Guru Pendidikan Keterampilan Hidup untuk Siswa- siswa SMP/ SMA/ SMK
Komentar
Posting Komentar