Pendidikan Keterampilan hidup (PKH)

 Apa itu keterampilan Hidup???

Keterampilan hidup menggambarkan kemampuan seseorang dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari, termasuk menjalin hubungan sosial, menyelesaikan masalah, mengelola risiko, membuat keputusan, dan bekerja sama dengan orang lain.

Pendidikan kemprehensif membutuhkan:

  1. Keterampilan akademik (Academic Skills) sehingga kita dapat memahami konsep-konsep seperti matematika, sains, dan literasi.
  2. Keterampilan penghidupan (Livelihood skills) sehingga kita dapat menguasai tugas-tugas praktis untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari
  3. Keterampilan hidup (Life skills) sehingga kita dapat berkomunikasi dengan orang lain, membuat keputusan yang baik, dan mengatasi tantangan hidup. Keterampilan hidup berbeda, tetapi sama pentingnya dengan keterampilan penghidupan dan keterampilan akademik.

Keterampilan penghidupan mengajari kita cara mengerjakan tugas, keterampilan akademik mengajarkan kita cara memahami suatu konsep, tetapi keterampilan hidup adalah yang membuat kita dapat menggunakan keterampilan ini di dunia nyata, yang sering mengharuskan kita untuk bekerja dengan orang lain. 

Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa contoh umum keterampilan akademik, keterampilan penghidupan, dan keterampilan hidup:


Apa itu Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) ???

Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) mendukung remaja untuk mengembangkan dan menggunakan berbagai keterampilan yang telah diidentifikasi sebagai hal penting dalam konteks individu mereka. PKH dapat diimplementasikan dalam program terpisah atau diintegrasikan ke dalam program lain. Untuk memastikan bahwa PKH relevan dengan kehidupan remaja, PKH diajarkan dalam konteks permasalahan yang spesifik, serta tantangan khusus yang dihadapi remaja dalam kehidupan mereka, yang disebut dalam kurikulum ini sebagai ‘pengetahuan kritis’. Pengetahuan kritis terdiri dari tema-tema penting yang perlu diketahui oleh remaja agar keamanan dan kesehatan mereka tetap terjaga saat menjalani masa remaja. Dalam setiap pertemuan, siswa-siswi diajarkan bagaimana mereka dapat menggunakan keterampilan hidup dan pengetahuan tertentu untuk mengendalikan sebuah situasi atau memecahkan masalah umum yang mereka
hadapi. Terkadang masalah tersebut bisa bersifat sensitif, tabu, atau kontroversial untuk dibahas, namun jika kita menghindar untuk mengajarkannya kepada remaja, ada kemungkinan mereka dapat membuat keputusan yang buruk yang dapat berdampak negatif bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka! Perbedaan utama antara PKH dan 
beberapa bentuk pendidikan lainnya adalah PKH menuntut guru untuk menggunakan pendekatan partisipatoris dalam pelibatan siswa-siswinya saat proses belajarmengajar. 

Tabel di bawah ini menguraikan perbedaan antara pendekatan ‘tradisional’ untuk mengajar, dan pendekatan partisipatoris yang diperlukan saat mengajar PKH.

Keterampilan hidup apa yang termasuk ke dalam kurikulum PKH?

Kurikulum ini mencakup 13 keterampilan hidup penting, yang berasal dari kerangka keterampilan hidup UKS dan kerangka keterampilan yang dapat digunakan untuk berbagai jalur karir (transferrable skills) UNICEF. 

Tabel di bawah ini menunjukkan 13 keterampilan hidup yang termasuk dalam kurikulum ini:


Untuk Materi lengkap mengenai Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) dan bagaimana pengelolaan pembelajaran materi ini, berikut saya sampaikan link buku PKH.

Resource : Buku Panduan Kerja Guru Pendidikan Keterampilan Hidup untuk Siswa- siswa SMP/ SMA/ SMK

Komentar

Postingan Populer