Jurnal Refleksi Minggu ke 3
SRI RATNASARI MAHMUDAH
CGP ANGKATAN 4 KOTA SURAKARTA
Pada minggu ketiga ini, pembelajaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 4
Kota Surakarta, masih dilanjutkan dengan sisa materi modul 1.1, yaitu 1.1.a.9.
Koneksi Antar Materi -- Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD),
dan 1.1.a.10. Aksi Nyata -- Penerapan Pemikiran Ki Hajar Dewantara di Kelas dan Sekolah.
Materi 1.1.a.9 dilaksanakan pada Senin, 1 Nopember 2021. Pada fase ini, CGP diajak untuk
meninjau ulang keseluruhan materi dari pembelajaran 1 (satu) hingga pembelajaran 6 (enam)
dan memperkuat koneksi antar materi yang sudah dipelajari. CGP diarahkan untuk dapat
memetik benang merah dari materi yang sudah dipelajari. Pada dasarnya CGP didorong
untuk memiliki kesadaran tentang pentingnya mewujudkan profil pelajar Pancasila dengan
mempedomani filosofi KHD. Untuk mengetahui sejauh mana telah memahami materi yang
telah dipelajari, CGP diberikan tugas berupa Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan
Refleksi Pemikiran KHD. CGP diberikan kebebasan untuk memilih media tayang untuk
hasil tugasnya.
Kesimpulan dan refleksi disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat
disesuaikan dengan minat dan kreativitas masing-masing CGP. Contoh media yang dapat
dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, artikel dalam
blog, dan lainnya.
Setelah menyelesaikan tugas koneksi antar materi, kemudian pada Selasa, 2 Nopember 2021,
pembelajaran dilanjutkan dengan materi 1.1.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran KHD
di Kelas dan Sekolah. CGP diberikan tugas untuk merancang aksi nyata. Tugas ini merupakan
bentuk implementasi dari materi yang sudah dipelajari dalam modul 1.1 tentang fisolofi
pendidikan Indonesia KHD. Karena ini merupakan tugas dalam bentuk aksi nyata, saya tidak
dapat menyelesaikan tugas ini dalam waktu satu hari.
Saya butuh waktu banyak hari untuk dapat menyelesaikannya. Untuk menyelesaikan tugas ini,
kami mendapat penjelasan dan arahan dari fasilitator melalui grup whatsapp. Setelah melalui
pertimbangan, saya memilih tugas melakukan aksi nyata di kelas dan sekolah. Aksi nyata
penerapan pemikiran KHD di kelas, saya lakukan melalui pembelajaran diskusi kelompok
aksi (aktif, kreatif, sederhana, inovatif). Sedangkan aksi nyata di sekolah, saya lakukan
dengan merekam pelaksanaan program-program kegiatan yang mendukung terwujudnya
karakter pelajar Pancasila (profil pelajar Pancasila).
Ketika mulai merancang program aksi nyata, kegiatan pembelajaran modul 1.2 dimulai.
Kegiatan pembelajaran modul 1.2 mulai pada Rabu, 3 Nopember 2021, diawali dengan
kegiatan 1.2.a.1 Pendahuluan Modul 1.2. Kegiatan dalam pendahuluan ini adalah menonton
vidio pengantar dari instruktur. Kemudian dialanjutkan dengan kegiatan 1.2.a.3. Mulai
Dari Diri -- Nilai dan Peran Guru Penggerak. Disini, kami diberi tugas menyimak sebuah
tayangan dan penjelasannya mengenai trapesium usia. Selanjutnya, setiap CGP diharuskan
membuat trapesium usia sendiri melalui aplikasi yang telah disediakan di Learning
Management System (LMS). Ini dimaksudkan agar setiap CGP dapat mengenal dirinya
sendiri melalui trapesium usia. Lewat trapesium usia, CGP mengingat kembali peristiwa
masa lalu yang bisa diambil pelajarannya untuk pembelajaran yang dilakukannya saat ini.
Pada Kamis, 4 Nopember 2021, kegitan pembelajaran dilanjutkan dengan materi 1.2.a.4.
Eksplorasi Konsep -- Nilai dan Peran Guru Penggerak. Materi pembelajaran dibagi ke
dalam 24 (dua puluh empat) bagian. Materi yang sangat padat dan harus dipelajari dalam
durasi waktu yang menurut saya singkat, hanya satu hari. Sehingga untuk mempelajari
materi pembelajaran di dalamnya, saya harus melakukannya secara marathon. Untung
kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring melalui LMS, sehingga saya dapat
mengatur waktu mulai mempelajari dan menyelesaikan tugas-tugas. Seandainya dilakukan
secara tatap muka (luring) di suatu tempat, bisa dibayangkan bagaimana sibuk dan
tergesa-gesanya para CGP mempelajari dan menyelesaikan tugas di dalamnya.
Untuk mengkongkritkan pemahaman CGP tentang nilai dan peran guru penggerak,
pada Jum'at, 5 Nopember 2021, dilanjutkan dengan kegiatan 1.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep --
Diskusi Mandiri. Di sini setiap CGP diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan
dalam bentuk tulisan di LMS tentang hubungan antara profil pelajar Pancasila, dengan peran
dan nilai guru penggerak, serta langkah-langkah apa yang akan dilakukan apabila ada rekan
guru dan kepala sekolah kurang mendukung pelaksanaan peraan guru penggerak.
Kegitan pembelajaran CGP pada minggu ketiga, ditutup dengan membuat jurnal refleksi
mingguan pada Sabtu, 6 Nopember 2021. Kegiatan pembelajaran pada minggu ketiga ini,
menguras banyak tenaga dan pikiran. Begitu padat kegiatan di dalamnya, mulai dari
koneksi antar materi, aksi nyata pelaksanaanta pemikiran KHD, serta nilai dan peran
guru penggerak. Kegiatan tersebut, sebagaimana telah diuraikan di atas, telah banyak
memberikan pengalaman belajar. Selain yang sudah dipaparkan, saya merasakan manfaat
lain, yaitu gaerah atau semangat saya menulis tumbuh lagi, walaupun masih tetap dalam
tarap merangkak (belajar pemula). Semoga semua usaha ini akan memberikan energi
positif untuk dapat menjalani peran sebagai seorang guru penggerak. Menjadi pelopor
dalam melaksanakan merdeka belajar untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.
Komentar
Posting Komentar