JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 5

SRI RATNASARI MAHMUDAH

CGP ANGKATAN 4 KOTA SURAKARTA

SMKS BATIK 2 SURAKARTA


Metode yang digunakan adalah 4C

1. Connection

Minggu ini saya belajar mengelaborasi pemahaman bersama instruktur. Pengalaman bersama dengan instruktur memberikan pemahaman kepada saya dan pengalaman belajar mengelaborasi materi yang diperoleh secara mandiri dan diskusi kelompok dengan pengalaman dan pendapat instruktur. Saya bisa membuat keterkaitan antara materi-materi yang telah saya pelajari, pengalaman selama ini, dan pandangan ke depan.


2. Challenge

Secara umum, materi, ide, dan juga pendapat dari narasumber tidak berbeda dari praktik yang selama ini saya lakukan di sekolah. Saya mendapatkan ilmu baru dan pencerahan terkait sistem kerja otak manusia, dimana fokus pikiran manusia cenderung pada hal negatif bila dibandingkan hal positif. Hal negatif yang dialami dan terekan di memori akan menjadi trauma di masa mendatang,, sedangkan hal positif yang dialami di masa lalu akan menjadi spirit dan semangat untuk menjadi lebih baik. Hal ini menjadikan motivasi tersendiri bagi saya, bahwa sebagai guru saya harus berusaha untuk menanamkan hal positif, dan juga berusaha untuk memberikan kesan positif pada peserta didik.


3. Concept

Konsep utama yang saya pelajari pada pekan ini adalah bagaimana menguatkan nilai dan peran guru penggerak. Saya mendapatkan ide dan inspirasi dari hasil diskusi bersama teman CGP, fasilitator, maupun materi dari instruktur. Peran guru penggerak yang selama ini sudah saya jalankan dapat lebih dikuatkan dengan nilai-nilai guru penggerak sehingga dapat memfasilitasi murid agar merdeka belajar. saya pun juga menghubungkan nilai dan peran guru penggerak dengan visi guru penggerak yang baru saya pelajari, yaitu membuat gambaran murid dan sekolah yang diidamkan.


4. Change

Setelah mempelajari materi, berdiskusi, dan menyimak pemaparan fasilitator dan instruktur, saya akan melakukan perubahan dimulai dari diri sendiri. Perubahan yang dapat saya lakukan yaitu meningkatkan kompetensi diri secara mandiri maupun kolaboratif. Pembelajaran yang akan saya lakukan yaitu lebih berpusat pada murid, menyenangkan, dan juga bermakna. 

Saya juga akan menggerakkan rekan guru untuk melakukan perubahan pembelajaran di kelas secara inovatif, berbagi pengalaman dengan rekan guru dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah murid.

Dalam pembelajaran, saya juga akan membiasakan murid untuk mengambil keputusan, berfikir kritis, memimpin diskusi dan menyampaikan pendapat. Saya berusaha lebih aktif dalam komunitas guru, seperti MGMP, agar dapat saling berkontribusi dan berbagi pengalaman. Pembelajaran selama ini telah mengubah pandangan atau visi saya mengenai murid dan sekolah yang saya idamkan.

Komentar

Postingan Populer